3 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh
Dalam sayuran dan bumbu tersimpan berbagai macam senyawa penting yang baik untuk kesehatan kita. Mereka berperan untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Dari banyaknya jenis sayuran dan bumbu, asam jawa memiliki manfaatnya tersendiri. Seperti mengobati bisul atau nyeri haid.

Daging buah asam jawa kadang diolah supaya awet (asam kawak). Buahnya mengandung asam tatrat, asam malat, asam nitrat, dan asam aseta, yang dapat memperlancar buang air besar. Selain itu, ia juga dapat memperlancar peredaran darah. Daun muda asam jawa juga berkhasiat merangsang selaput lendir diding tenggorokan dan usus. Alhasil, tenggorakan gatal menjadi lebih baik. Berikut ini manfaat lainnya dari asam jawa:

1.Bisul
Asam jawa juga bisa kita gunakan untuk mengobati bisul. Caranya asam kawak sebesar telur puyuh direndam dalam segelas air hingga mengembang. Lalu irislah lima temulawak dan gula aren yang telah dicuci. Kemudian, rebuslah hingga air tinggal setengah. Nah, kita bisa meminum ramuan ini sehari sekali sampai sembuh.

2. Nyeri haid
Bagi Anda yang sering merasa nyeri saat haid, bisa memanfaatkan gula jawa untuk meredakannya. Caranya juga cukup mudah. Irislah 10 temulawak yang telah dicuci, gula aren, dan rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Setelah itu, tambahlah asam kawak sebesar telur puyuh dan aduk sampai mengembang. Sesudah mengembang kita bisa menyaringnya. Kita bisa meminum ini satu kali sehari selama seminggu sebelum haid.

3. Seriawan
Untuk mengobati seriawan kita bisa menggunakan daun asam muda untuk mengobatinya. Caranya satu cangkir dau asam muda dan 5 cm kunyit dicuci bersih. Lalu irislah kunyit itu. Kemudian rebuslah dengan empat gelas air sampai tinggal setengah dan saringlah. Kita bisa meminumnya pada pagi dan sore hari. Untuk hasil terbaik kita bisa mengulanginya selama beberapa hari.

0 Response to "3 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar